Tindakan yang di Abaikan Ini Buat Earphone Kabel Mudah Rusak


Namun earphone kabel di kala ini merupakan alat yang paling sering sekali digunakan untuk mendengarkan musik dan memudahkan untuk komunikasi di kalangan ramai.Perangkat ini memiliki banyak kelebihan, seperti mudah dibawa ke mana-mana, fleksibel, dan harganya murah.

Walau begitu, ternyata earphone kabel masih memiliki banyak kekurangan. Hal yang paling menyebalkan adalah earpiece mati sebelah padahal tidak ada satupun kabel yang putus.

Bagi kamu yang sering mengalami kendala seperti itu, bisa jadi dikarenakan beberapa hal seperti di bawah ini. Selain bisa bikin earphone kabel rusak, lubang jack audio smartphone juga akan bisa rusak.

1. Memakai  earphone saat mengisi daya baterai

Tahukah Anda, Mengapa Kabel Earphone Mudah Kusut? : Okezone techno

Inilah tindakan yang  pertama harus kamu hindari ketika  menggunakan earphone ketika sedang mengisi baterai. Saat sedang mengisi baterai, tegangan pada kabel menjadi tinggi.

Jika terus-terusan digunakan, hal ini bisa menyebabkan komponen dalam earphone menjadi rusak atau kabel menjadi putus.

Selain itu, kamu juga tidak dianjurkan untuk menggunakan smartphone ketika sedang mengisi baterai. Oleh karena itu, sebaiknya diamkan smartphone hingga baterai terisi penuh.

2. Melengkungkan kabel di ujung earphone

Suka Karaoke Smule atau Nonton Film? Anda Bisa Gunakan 10 Rekomendasi  Earphone Bagus dari BP-Guide

Melengkungkan  kabel di ujung earphone alangkah baiknya  jangan sering dilakukan karena bisa membuat kabel di dalamnya putus.

Bila sudah putus, maka earphone sudah dapt dipastikan digunakan. Namun untuk  memperbaikinya sudah sangat sukar.

Perangkat ini mmepunyai komponen kabel yang banyak sangat rumit. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menyambungkan kabel earphone yang putus.

3. Memelintir colokan earphone di dalam lubang jack audioJangan Kelamaan Pakai Earphone, Ini yang Terjadi pada Tubuh!

Terlihat sepele tindakan ini namun memelintir colokan earphone di dalam lubang jack audio. Alangkah baikanya jangan dilakukan, karena dapat menyebabkan kabel yang terdapat pada colokan earphone menjadi putus.

Dalam  beberapa kasus,  ini bahkan bisa menyebabkan lubang jack audio pada smartphone menjadi rusak. Setelah itu hal buruk lainnya, lubang jack audio juga bisa menyebabkan hasil perekaman menjadi berisik.

4. Melepaskan earphone dengan cara menarik pangkal kabel earphone

Pedoman Penting Olahraga Lari untuk Pemula - Alodokter

Melepaskan  earphone dengan menarik paksa pangkal kabel earphone ini merupakan cara yang salah. Hal ini bisa menyebabkan sambungan kabel di pangkal earphone menjadi putus.

Ketahuliah dengan cara  yang benar mencabut earphone adalah dengan memegang pangkal earphone yang keras. Hal yang perlu di ingat untuk melepaskan earphone jangan pada kabelnya.

5. Mengenakan earphone di saat  telinga basah

11 Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh, Baik Kesehatan Fisik Maupun Mental -  Health Liputan6.com

Tindakan ceroboh keempat adalah mengenakan  earphone di saat telinga basah. Kasus seperti ini sebaiknya di hindari ya karena dapat merusak earpiece.

Pada saat earpiece kemasukan air, maka kemungkinan besar terjadi korsleting yang sangat besar. Bila ini terjadi, earpiece menjadi rusak. Sebaiknya jangan di lakukan dengan sengaja.

Earphone di banderol dengan harga yang befariasi dan ada juga dengan harga yang cukup ramah di kantong, bahkan beragam brand. Bila pemakaiannya dalam jangka pendek sudah pasti sangat merepotkan.

Jika earphone kabel kamu selalu awet, sebaiknya jangan melakukan beberapa hal larangan di atas. Alangkah baiknya memakainya secara hati-hati.

Hal utama yang harus di perhartikan jangan coba-coba menekuk kabel di pangkal earphoneny. Semoga cara ini dapat memberikan solusi dari problem earphone kabelmu.